Kasiat Tanaman Pare Untuk Kesehtan Dan Obat Jerawat

Pare atau paria termasuk sayur - sayuran yang memiliki multi fungsi, selain buahnya daun pare juga berkhasiat untuk kesehatan atau herbal, kandungan gizi dan vitamin yang terkandung didalamnya diyakini dapat mengobati berbagai penyakit.

Pare telah banyak dikenal memiliki beberapa manfaat untuk membantu penderita diabetes, mencegah dan mengurangi gejala kanker, mengurangi efek wasir, meningkatkan kesehatan pernapasan, meningkatkan kesehatan kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Memang buah pare telah terbukti memiliki zat anti-inflamasi, anti jamur, antibiotik, anti alergi, antivirus, antiparasit, dan kualitas ekspektoran. 

manfaat khasiat pare / paria

Berikut ini adalah manfaat khasiat buah pare atau paria untuk mengatasi beberapa penyakit:

Mengusir Diabetes
Karena adanya antidiabetes didalam buah pare dipercaya mampu menekan resiko diabetes. Selain itu kemampuan bioaktif yang terdapat pada biji sayuran pare, mampu mencegah adanya peningkatan gula darah setelah makan.

Menangkal Sel kanker
Pare mempunyai kemampuan untuk menangkal sel kanker dengan kandungan zat lesichin yang ternyata bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan menangkal sel kanker didalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan
Pare merupakan sayuran yang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan atau menjaga kestabilan berat badan. Dalam secangkir pare ternyata memiliki 16 kalori sehingga mampu membuat serta mengontrol nafsu makan dan membuat cepat kenyang. Tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi pare didalam menu makan, sehingga membantu mendapatkan berat badan yang ideal.

Membersihkan Darah
Sayuran pare memiliki kandungan zat yang mampu membersihkan darah. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara di jus sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Konsumsi rutin pada pagi dan malam hari, dengan demikian dapat membantu anda dalam membersihkan darah.

Memerangi HIV/AIDS
Sayuran pare mengandung protein alpha-momocharin atau MAP 30 yang mampu membatasi perkembangan HIV.

Berikut adalah manfaat khasiat daun pare atau paria untuk mengatasi beberapa penyakit serta cara mengolahnya:

Menghilangkan Jerawat
Ambil buah pare yang sudah dicuci bersih, kemudian dibelah menjadi dua bagian dan bijinya dibuang, lalu ditumbuk hingga keluar air atau sarinya. Saring dan minum airnya, kemudian gunakan ampas dari pare tersebut sebagai masker wajah. Jangan lupa bersihkan wajah terlebihdahulu sebelum menggunakan masker.

Obat batuk
Siapkan daun pare yang masih segar sebanyak 5 lembar, cuci sampai bersih lalu tumbuk hingga halus, tambahkan satu cangkir air matang dan garam dapur secukupnya, aduk sampai rata lalu peras dan saring untuk diambil airnya, minum air tersebut dua kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum.

Obat bisulan
Siapkan daun pare segar sebanyak satu genggam, cuci sampai bersih lalu tumbuh hingga halus, tambahkan secangkir air matang, garam dapur, gula aren dan perasan jeruk nipis secukupnya, peras dan saring untuk diambil airnya, lalu minum satu kali sehari dengan dosis seperempat cangkir, lakukan terapi ini dengan rutin selama satu minggu.

Menambah ASI
Siapkan daun pare segar sebanyak dua lembar, cuci sampai bersih lalu panggang sebentar, kemudian kompreskan pada payudara.

Obat mandul
Siapkan 27 gram daun pare segar, 7 butir lada hitam, 3 siung bawah putih dan gula jawa 27 gram, kemudian semua bahan tersebut tumbuk sampai halus, lalu tambahkan satu gelas air bersih, peras dan saring untuk diambil airnya tambahkan satu sendok air perasan jeruk nipis, lalu aduk dan minum satu kali sehari.

                                                       ===============

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan tentang manfaat tanaman pare atau khasiat tanaman paria, semoga bisa berguna serta bermanfaat bagi kita semua.

Blog Archive